Apa Itu Facebook?

Social Networking

Apa itu social networking? Sangat tidak asing memang saat kita mendengarnya di telinga kita.Tentu saja tidak asing karena kita juga mungkin ikut dan tergabung didalamnya. Social networking dalam bahasa Indonesia tidak lain adalah “jejaring social”. Social Networking adalah cara berkomunikasi yang cukup populer di abad 21 ini. Social networking adalah sekelompok individu yang bergabung untuk membentuk group tertentu, mirip sebuah desa atau kota yang kecil. Meski social networking ini umumnya lebih bersifat personal, terutama yang berhubungan dengan wilayah kerja, tapi yang bersifat latar belakang pendidikan misalnya universitas atau sekolah adalah jenis yang paling populer di internet.  Itu antara lain karena tidak seperti di sekolah, universitas, atau lingkungan kerja pada umumnya, di internet penuh dengan milyaran orang yang sedang mencari kontak untuk saling berhubungan, berbagi informasi dan pengalaman, mencari pegawai, partner bisnis, melakukan marketing, dan lain-lain. Topik yang di bicarakan juga sangat bervariasi.  Saat tiba untuk melakukan social networking secara online, biasanya website digunakan. Website ini dikenal sebagai social sites. Website social networking berfungsi seperti seperti sebuah komunitas online dari pengguna internet. Tergantung dari masing-masing website, banyak dari anggota komunitas online ini yang saling berbagi ketertarikan dalam hobi, agama, atau politik yang sama.  Saat kamu mendapat akses untuk masuk ke sebuah website social networking, kamu bisa segera mulai bersosialisasi. Misalnya membaca halaman profile dari anggota-anggota lain, dan mungkin juga menghubungi mereka. Mendapat teman baru adalah salah satu jenis keuntungan yang bisa di dapat dari melakukan social networking secara online. Keuntungan lain adalah diversity atau keragaman. Itu karena internet memberikan kesempatan pada individu dari seluruh dunia untuk mengakses situs social networking. Ini artinya, meski tinggal di Indonesia, kita tetap bisa menjalin hubungan dengan orang yang berada di belahan dunia lain. Bukan cuma teman yang akan kita dapat, tapi mungkin kita juga bisa belajar bahasa atau hal-hal yang baru. Seperti yang di singgung di atas, social networking itu seringkali menggabungkan individu atau organisasi tertentu. Sementara banyak situs social networking yang focus pada ketertarikan tertentu, tapi banyak juga yang tidak untuk merasakannya. Website yang tidak focus pada satu jenis ketertarikan tersebut di istilahkan sebagai website social networking “tradisional” dan biasanya terbuka untuk siapa saja. Akan tetapi, sekali kamu masuk ke dalam komunitas online ini, kamu bisa membuat jaringanmu sendiri dan mengeliminasi member-member yang tidak memiliki ketertarikan dan tujuan yang sama. Banyak sekali situs jejaring social yang ada di internet, dan mungkin saya  tidak bisa menyebutkannya satu-persatu. Yang pertama karena memang jumlahnya yang sangat banyak dfan kedua karena saya tidak mengetahui semua situs tersebut.Tetapi saya akan sedikit memebritahu situs networking yang cukup dikenal oleh anda mungkin. Beirkut ini 3 situs social networking yang cukup populer  :

  1. Facebook, salah satu situs social networking yang cukup popular dan booming di kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang tuapun ikut tergabung didalamnya. Layaknya sebuah mainan yang tidak mengenal batas usia.
  2. Twitter, situs ini juga cukup popular di kalangan remaja pasalnya situs ini belum dikenal orang tua yang membadakan dirinya dengan facebook meski memang ada juga para orang dewasa yang mengikutinya.
  3. Friendster, situs social networking yang cukup lama. Situs ini merupakan pendahulu dari facebook dan twitter yang baru-baru ini muncul. Dulu pada awalnya banyak orang menggunakan Friendster, kalo  tidak salah sekitar tahun. Tetapi sekarang seiring munculnya facebook dan situs social  lainnya kini Friendster sudah mulai ditinggalkan para penggunanya, semua beralih dan memalingkan pandangannya dari Friendster. Mugnkin in karena fitur dan fasilitas yang disediakan kurang begitu memuaskan lagi dibandingkan yang lainnya.

Kami yakin kamu pasti sudah paham bahwa ada bahaya yang mengincar di sana, misalnya virus dan pencurian jati diri. Bahaya yang paling sering di temukan adalah individu yang mengklaim sebagai seseorang padahal sebenarnya bukan. Meski ada bahaya yang mengancam di online networking, tapi dalam offline networking bahaya itu juga tetap ada. Seperti nasehat yang meminta kita untuk lebih berhati-hati saat bertemu dengan orang di jalan, di cafe, bar, sekolah dan tempat kerja, kita juga harus berhati-hati saat melakukan networking secara online. Dengan berhati-hati, kita dapat menghindar dari bahaya dan menikmati segala keuntungan dari online social networking. Demikian sekilas mengenai social networking. Dan saya berharap anda sekalian cukup memiliki pandangan sebelum kita masuk ke inti dari bacaan ini. Paling tidak anda memiliki acuan. Karena saya akan membawa anda untuk memahami dan menungkap apa itu facebook sebenarnya.

 

Apa itu “FACEBOOK” sebenarnya?

Apa sih facebook?mungkin sangat tidak asing anda mendengarnya, karena mungkin ini salah satu aktivitas rutin anda sehari-hari khususnya bagi yang masih remaja. Facebook.com,  saya akan memberi sedikit gambaran tentang informasi mengenai website yang cukup spektakuler  ini. Facebook adalah merupakan salah satu layanan jaringan sosial yang berbasis internet gratis dimana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman kita bahkan orang lain sekalipun. Dan melalui  jaringan yang kita bentuk, kita bisa memperhatikan aktifitas mereka, mengikuti permainan game online yang direkomendasikan, menambahkan koneksi teman atau jaringan berdasarkan organisasi sekolah, daerah domisili kita, dan seterusnya. Dapat dikatakan fasilitas untuk berteman dan membina kehidupan social dalam sebuah internet. Kini facebook juga merupakan media social network yang sangat terkenal, dengan facebook kita dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang dari seluruh dunia. Dengan kata lain melalui facebook ini kita juga bisa terhubung atau bahkan berteman ke jutaan member lainnya di seluruh dunia. Di Facebook kamu dapat menampilkan profile diri kamu seperti menampilkan info mengenai tanggal lahir, no.handphone, email, pendidikan, status berhubungan anda/relationship, dan masih banyak lagi lainnya bahkan lengkap dengan foto-foto yang kamu miliki. Bersosialisasi dengan orang-orang yang punya hobi sama, menjadi fans artis, berbagi cerita dan kegiatan kamu, atau chatting online dengan user lain.  Semua itu tersaji sangat menarik dalam satu wadah social networking yang bernama facebook ini. Melalui situs ini juga kita bisa kembali berinteraksi dengan sahabat lama kita yang mungkin sudah berpisah dan cukup jauh dari kita. Kembali berkomunikasi layaknya tidak mengenal jarak.

 

Sejarah dan Pendiri Facebook

Berbicara mengenai sejarah dan pendiri dari Facebook sendiri. Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004.  Facebook didirikan oleh seseorang bernama Mark Zuckerberg yang memiliki nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Ia lahir pada tanggal 14 Mei 1984 tepatnya di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS). Ia adalah salah seorang mahasiswa Harvard dan mantan murid dari Ardsley High School.

Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi hanya untuk mahasiswa dari Harvard College saja. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya. Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya. Dan berikut ini adalah cerita singkatnya bagaimana facebook bisa terbentuk.

Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New HampshireSaat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta. Oleh karena itu ia membuat Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah. Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa rumah kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan investor pertama mereka sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban” Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.

 

Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa SMA sebagai temannya. BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar. Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India.

 

Dia juga memberikan fasilitas Facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.

 

Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerja sama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes. Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen. Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut Facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan duit senilai US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.

 

Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka di kantor. Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal. Meski sudah mampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaian santai. Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.

 

Meskipun demikian suksesnya, tetap saja ada beberapa permasalahan yang mengganggu dan mengganjal kesuksesan tersebut. Mengapa demikian, Facebook menemui masalah dalam beberapa tahun terakhir seperti pemblokiran pada negara Suriah, Iran dan beberapa tempat kerja agar para pekerja tidak menyalahgunakan waktu kerjanya untuk membuka Facebook. Dan masalah tentang tuduhan bahwa Zuckerber mencuri kode program dari teman-temanya untuk membuat Facebook. Facebook juga pernah ditawar oleh yahoo senilai $ 1 miliar dan kemudian oleh seorang anggota dewan Facebook, menunjukkan bahwa Facebook internal valuation adalah sekitar $ 8 miliar berdasarkan proyeksi pendapatan sebesar $ 1 miliar pada tahun 2015.

 

Peringkat Facebook saat terakhir saya membaca sebuah situs menunjukkan menempati urutan ke 6 situs yang paling banyak di akses di indonesia dan urutan ke 5 untuk seluruh dunia.

 

Berikut data singkat mengenai facebook yang telah saya paparkan :

 

Founded : Cambridge, Massachusetts(February 4, 2004)

Headquarters : Palo Alto, CaliforniaDublin, Ireland (international headquarters for Europe, Africa, -Middle East)

Key people : Mark Zuckerberg (Founder and CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder), Sheryl  Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management), ChrisHughes (Co-founder)

Revenue : 300 million USD (2008 est.)

Net income : 47.4 million USD (2007 est.)

Employees : 700 (November 2008)

Website : facebook.com

Type of site : Social network service

Advertising : Banner ads, Referral marketing

Registration : Required

-Available in : Bulgarian, Catalan, Chinese (simplified), Chinese (Hong Kong), Chinese (Taiwan),    Croatian, Czech, Danish, Dutch, English (American),English (British), English (Pirate), Filipino, Finnish, French, German, Greek, Hungarian, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Korean, Malay, Norwegian, (bokmål), Polish, Portuguese (Brazilian), Portuguese (European), Romanian, Russian, Serbian, Slovene, Spanish (Castilian), Swedish, Thai, Turkish,Vietnamese, Welsh

 

Serba-Serbi Fitur Aplikasi dalam Facebook

 

1.       Serba-serbi, Beberapa peristiwa yang meningkatkan peran facebook sebagai salah satu situs jejaring sosial di internet diantaranya:

·         2009: Grup Facebook: Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto yang akhirnya mencapai 1.380.000 lebih anggota grup.

  • 2010: Grup facebook: ” Say No To Krisdayanti” Yang penuh Kontroversial. Dan mencapai 320.000 Lebih Anggota Group.

2.       Laman Facebook, Pengguna dapat membuat profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya. Komunikasi dengan pengguna lainnya dapat dilakukan melalui pesan pribadi atau fitur chat. Pengguna juga dapat bergabung dengan grup atau halaman penghobi (fan pages), yang beberapa darinya dimiliki oleh organisasi sebagai wadah untuk beriklan. Untuk mengurangi kontroversi mengenai privasi, Facebook mengizinkan pengguna untuk memilih pengaturan privasi sesuai kemauannya, dan memilih siapa yang dapat melihat bagian-bagian dari profilnya. Website ini mengratiskan untuk penggunannya dan mendapatkan keuntungan dari iklan, seperti iklan dalam bentuk gambar (banner ads)

3.       Infrastruktur server, Pada QCon San Fransisco 2008, direktur dari Egineering Aditya Argawal mengindikasi bahwa server front-end berjalan pada PHP LAMP stack dengan penambahan Memcahce, dan diakhir ditulis dengan bahasa pemrograman termasuk C++, Java, Phyton dan Erlang. Komponen lain dari insfratruktur Facebook termasuk Scribe, Thrift dan Cassandra, sebagai komponen terbuka seperti ODS.

4.       Facebook Lite, Pada bulan Agustus 2009, Facebook meluncurkan versi “lite” atau versi kecil dari laman itu, yang teroptimalisasi untuk pengguna di internet yang lambat. Facebook Lite menawarkan fitur yang lebih minim dan membutuhkan sedikit bandwidth. Namun pada 20 April 2010, versi “lite” dari facebook tersebut diakhiri dan pengguna akan dikembalikan ke versi penuh Facebook. Versi tersebut hanya dioperasikan dalam delapan bulan.

5.       Pemendek URL, Pada 14 Desember 2009, Facebook meluncurkan pemendek URL miliknya dengan domain FB.me. Semua yang menuju ke facebook.com dapat diakses melalui fb.me, dengan 7 karakter lebih pendek. Facebook sebuah situs social networking? Tentu saja. Awalnya, facebook adalah situs social networking yang menghubungkan anda dengan teman anda. Membuat anda dapat saling berkirim pesan hingga mengetahui aktifitas terakhir teman anda. Namun sekarang, dengan segala fitur yang dimilikinya, Facebook bukan sekedar situs social networking. Facebook adalah “apa yang dapat anda lakukan dengan orang lain”. Lebih dari sekedar “networking” kami rasa. Dan sehubungan dengan “luas”nya fungsi facebook tadi, bukankah hal itu membuat facebook juga dapat digunakan untuk mensupport kegiatan blogging anda?!.

Sekarang kita akan menjelajahi fitur – fitur yang ada di Facebook.

Facebook Application

Facebook Application, baik yang dibuat oleh Facebook atau pengembang dari pihak ketiga, adalah program tambahan yang dapat anda install di account facebook anda untuk menambah fungsi yang bisa dilakukan oleh facebook. Konsep awal dari situs social networking adalah “menghubungkan antar user, dan memungkinkan antar user saling mengirimkan pesan untuk komunikasi”. Sedangkan konsep dari facebook application adalah, membuat komunikasi dan interaksi di facebook bukan sekedar mengirimkan pesan saja. Contoh dari facebook application : Marketplace, Photos, Groups, Video, Mobile (yang dibuat oleh facebook), lalu ada juga Minekey, NetworkedBlogs, Battle of The Bands, dll.

NOTE : ternyata, wall juga termasuk ke dalam application. Bedanya, application dari facebook ini secara default terinstall di setiap account facebook mungkin y?Anyway, apa aplikasi facebook favorit anda?.

Facebook Pages

 

Facebook Pages dapat dianalogikan sebagai Facebook profile, hanya saja untuk segala sesuatu selain diri anda secara personal. Facebook Pages dapat digunakan untuk bisnis anda, seperti restoran, atau profil publik figur, band, politisi, dll. Misalkan anda mempunyai band, alih alih menciptakan satu Facebook Profile baru menggunakan alamat e-mail yang lain, seperti yang dilakukan banyak orang di friendster, anda, dengan account facebook yang sekarang dapat menciptakan satu facebook pages untuk band anda. Terbayang kan?.

Facebook pages ini mirip dengan applikasi facebook groups, namun dengan beberapa perbedaan seperti facebook pages ditujukan hanya untuk penggunaan resmi. kembali ke contoh tadi, anda dapat membuat facebook pages suatu band hanya jika anda memang benar – benar manager atau player dari band tersebut. Facebook pages bukan digunakan untuk tujuan unofficial atau “fan work”. Facebook Pages ditujukan untuk penggunaan official

Facebook Share Bookmarklet

 

Share on Facebook

Share Bookmarklet adalah tools yang memungkinkan anda berbagi halaman web yang menarik kepada teman – teman di friendlist anda. Konsepnya mirip – mirip social bookmarking lah. Bedanya, halaman tersebut di share sebagai posted item dan muncul di news feed anda, dan dapat dilihat oleh teman teman anda di facebook. Anda dapat memasangnya di blog anda.

Facebook Connect

Yeah, fitur paling gress dari facebook dengan buzz yang lumayan kuat. Positioningnya “sepasar” dengan Google Friend Connect. Facebook Connect merupakan tools bagi pemilik website untuk membangun komunitas dari pengunjungnya yang memiliki account facebook. Misalkan anda memasang widget facebook connect di blog anda, lalu pengunjung blog anda juga memiliki account facebook. Mereka dapat bergabung menjadi “fan” dan terlisted di blog anda tanpa harus sign up dan mengisi profile lagi, cukup mengimpor data mereka dari facebook. Nilai tambahnya, identitas dari “member” blog anda terjamin keabsahannya.

Ya Itu tadi 4 fitur Facebook lain yang mungkin masih jarang kita gunakan. Setelah kami jelaskan fungsi – fungsi utamanya tadi, sudah mulai dapat gambarankah mengenai potensi facebook untuk mensupport kegiatan blogging sekarang.

 

Kelebihan dan Kekurangan dari Facebook

Kelebihannya     :

Tren penggunaan friendster, myspace dan pembuatan blog sedikit tergeser oleh kehadiran facebook, yang dibuat oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa drop out dari Universitas Hardvard, AS. Facebook yang sudah menjadi bagian gaya hidup orang masa kini.
Facebook yang sudah aktif sejak 2004 memilki fungsi lebih dari sekedar sebagai media bertemu sahabat lama. Sekarang banyak member facebook memanfaatkannya sebagai media alat promosi dunia usahanya. Mulai dari menjajakan produk hingga penawaran bergabung dengan dengan bisnis kilat jadi orang kaya. Bahan para politikus pun menggunakan facebook untuk menunjang aktifitasnya.

Siapa yang tidak kenal Facebook? Dalam waktu yang relatif singkat, situs jejaring sosial ini telah menjadisitus yang paling sering dikunjungi di Indonesia mengalahkan Google dan YahooFriendster sebagai situs jejaring sosial yang telah terlebih dahulu masukpun terjungkal ke nomor enam.

 

Sebenarnya amunisi apa yang dimiliki oleh Facebook sehingga membuat para pengguna internet dibuat tak berdaya untuk tidak menjadi membernya? Berikut ulasan dangkal dari sumber sebuah situs :

 

1. Social Network

Facebook seperti yang kita tahu adalah situs yang mengusung konsep jejaring sosial. Tiap orang yang mempunyai akun di Facebook dapat bebas berhubungan dengan semua orang. Sama dengan fasilitas yang disediakan oleh Friendster.

2. Micro Blogging

Facebook memiliki kelebihan tersendiri dimana seseorang bisa mengupdate statusnya. Kita bebas menuliskan apa saja di status kita. Dari hal yang remeh-temeh, seperti apa yang kucing kita makan tadi pagi, sampai hal serius seperti kolapsnya harga saham AIG, dapat kita tulis di status kita. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Twitter.

3. Messenger

Keasyikan lain dari Facebook adalah para pengguna bisa menikmati fasilitas chatting. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Yahoo Messenger.

4. Image Sharing

Pengguna semakin dimanjakan dengan layanan Photos yang dapat digunakan untuk saling berbagi foto atau gambar di antara sesama teman. Fitur berupa Tag Photos juga menjadi daya tarik yang cukup memikat. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Flickr.

5. Social Bookmarking

Anda membaca sebuah tulisan di internet dan ingin mengajak teman Facebook anda untuk ikut membaca? Jangan salah, Facebook juga punya fasilitas untuk itu. Fasilitas bookmark ini sama dengan yang dipunyai oleh Digg.

6. Blogging

Anda seorang blogger, tapi mulai jengah karena blog anda tak pernah dikunjungi teman? Cobalah buat blog di Facebook. Dijamin, paling tidak teman anda akan melirik hasil tulisan anda di sidebar. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai oleh Blogspot.

7. Video Sharing

Pengin sharing koleksi video menarik? Silahkan aja ke Video. Fasilitas ini sama dengan yang dipunyai olehYouTube.

8. Search Engine

Saking populernya Facebook, sampai-sampai Google sebagai embahnya search engine menjadi grogi. Pemakai internet mulai mencari jawaban terpercaya terhadap pertanyaan pencarian mereka, tidak hanya dalam bentuk daftar situs seperti yang biasa disediakan di Google. Tapi user juga mengharapkan jawaban personal atas pertanyaan pribadi yang tidak mungkin bisa dijawab oleh Google, seperti di mana restoran atau salon yang bagus.

9. Internet Marketing

Tahukah anda? Para advertiser menganggap beriklan di Facebook sangat efektif. Dengan traffic visitor yang membludak merupakan surga bagi para advertiser untuk menawarkan produknya.

10. Find a Mate

Melalui facebook secara tidak langsung juga merupakan media ajang mencari dan mendapatkan jodoh.

 

Kekurangannya :

Keawaman orang Indonesia akan facebook dan bahkan terlihat eksklusive (belum merakayat) masih sedikit sekali orang indonesia yang bergabung sebagai member.  Bila belum terbiasa anda akan sangat dipusingkan dengan yang namanya facebook, karena banyaknya aplikasi yang bisa digunakan. Dan terkadang aplikasi yang terlalu banyak itu membuat jengkel juga karena sering ada ajakan dari teman untuk mengikutinya (follow it).

Sejak pertama diluncurkan hingga saat ini Facebook tak henti melakukan pembenahan di semua layanannya. Program pembenahan sistem di Facebook juga dikejar oleh semakin banyaknya pengguna internet yang mendaftarkan diri di Facebook. Kerapkali pertumbuhan jumlah member Facebook dituding sebagai penyebab terjadinya error atau lambannya koneksi ke server milik Facebook. Bahkan hingga saat inipun fitur Instant Messenger (IM) milik Facebook masih sering dikeluhkan penggunanya karena sering putus nyambung. Hingga terkadang sebuah pesan singkat terkirim lebih dari satu kali. Tentunya ini membuat pengguna kurang nyaman.

Hal ini sangat beralasan karena pertama kali diluncurkan, facebook bukanlah produk dari perusahaan software atau sistem informasi besar seperti Google ,Yahoo! atau Microsoft. Facebook hanyalah kreasi seorang mahasiswa. Wajar jika Facebook terus melakukan pembenahan.

Selain hal-hal tersebut, saya memiliki sedikit ganjalan terkait sistem database otomatisasi di Facebook. Salah satunya adalah diperlukan adanya pembatasan atau teguran bagi user yang mengupdate status terlalu banyak dalam sehari. Saya memiliki banyak teman yang kerap mengupdate status lebih dari 10 kali dalam satu jam. Terkadang sebuah status belum selesai kita beri komentar, status lainnya dari user yang sama sudah di naikkan. Ini kerap merepotkan terutama bagi pengguna facebook mobile atau Web Seluler. Belum lagi dengan adanya Status Generator yang menggunakan sistem penjadwalan otomatis sejenis Sendible, dimana seorang pemilik akun Facebook bisa menuliskan banyak status sekaligus di sebuah situs Status Generator lalu menjadwalnya sesuai kebutuhan untuk diupdate satu persatu.

Selain itu ada juga sistem database kekerabatan di Facebook yang menurut saya janggal. Kini banyak sekali seorang pengguna Facebook dengan leluasa menambahkan seseorang atau lebih sebagai saudara, orang tua atau anaknya di Facebook. Setelah saling konfirmasi mereka lalu menjadi kerabat atau saudara di Facebook. Yang janggal adalah ketika dalam database seseorang yang lebih tua di cantumkan sebagai adiknya. Atau seorang user laki-laki dicantumkan sebagai Saudara Perempuan. Ini aneh. Seharusnya sistem milik Facebook bisa membaca dan mendeteksi apakan pencantuman kekerabatan yang dilakukan oleh seorang pengguna Facebook tersebut valid atau tidak. Jenis kelamin, umur dan hal-hal lainnya perlu di perhatikan. Agar tidak terjadi seorang Perempuan usia 21 tahun memiliki seorang anak berusia 34 tahun. Atau pria bernama Agus Sujono dicantumkan sebagai saudara perempuan oleh pengguna lainnya.

 

 

Layaknya jejaring sosial lainnya, jaminan keamanan menjadi kekurangan facebook. Hal ini sudah disinggung saat orang ingin mendaftar menjadi member facebook. Tidak ada jaminan keamanan data-data pribadi anggotanya.Maka, untuk mengantisipasinya, sebaiknya jangan mengunakan passwaord yang sama dengan email pribadi anda.

Begitu pula dengan konten akun pribadi anda. Semua orang, termasuk orang asing bisa mengaksesnya. Entah itu berupa tulisan / foto. Jadi jangan heran bila kejahatan dunia maya semakin merajalela.

Perlu diketahui, facebook ternyata meneruskan informasi aktivitas setiap anggotanya kelebih dari 40 situs internet besar yang menjadi rekannya. Jika anda tiba-tiba menerima spam pada e-mail pribadi, itulah risikonya. Sementara itu, facebook meninggalkan cookies pada passwaord sehingga beberapa situs internet mengidentifikasikan data akun facebook pribadi.

 

Beberapa Fakta Mengenai Facebook

Sebenarnya ini hanya tambahan saja sekedar pelengkap saja untuk anda ketahui. Berikut beberapa fakta mengenai facebook yang cukup menarik untuk diketahui :

– Facebook punya lebih dari 150 juta pendaftar
– Jumlah pengguna yang aktif lebih dari 20 juta
– Separuh lebih pendaftar Facebook bukan orang kuliahan
– Pengguna rata-rata memiliki 100 teman
– Lebih dari 3 juta pengguna menjadi penggemar sesuatu
– Jumlah foto yang di up-load lebih dari 800 juta perbulan
– lebih dari 5 juta video di up-load perbulan
– Konten lain(link,cerita,blog,catatan,dll) yang si share lebih dari 20 juta perbulan
– Lebih dari 2 juta even dibuat setiap bulan
– Facebook sudah di terjemahkan ke dalam 15 bahasa ,Masih ada 60 bahasa lagi yang masih dalam proses penerjemahan
– lebih dari 70 persen pengguna Facebook tinggal di luar Amerika
– Saat ini,ada lebih dari 52 ribu aplikasi ontuk Facebook
– Aplikasi baru bertambah 140 perhari
– Sekitar 95 persen pengguna menggunakan satu aplikasi dalam Facebook

 

Kesimpulan

Akhirnya kita tiba pada sebuah kesimpulan. Social networking adalah sekelompok individu yang bergabung untuk membentuk group tertentu, mirip sebuah desa atau kota yang kecil. Kini social networking sudah mulai merambah masuk ke dalam jaringan internet dimana sebelumnya hanyalah sebatas group yang berupa desa /kota kecil kini sudah terbentuk sebuah community yang bersifat online. Didalamnya kita dapat saling berinteraksi satu sama lain, bertukar informasi dengan orng lain di seluruh dunia baik oarng yang kita kenal atau tidak, dsb. Sangat menarik sekali khan tentunya, memudahkan kita untuk membangun kehidupan social yang lain diluar kehidupan nyata yang hanya terbatas pada lingkup ruang dan waktu yang terbatas. Salah satu contoh social networking yang cukup popular saat ini dan mungkin digandrungi banyak orang adalah facebook. Anda pasti sangat akrab mendengar itu tentunya, sama halnya seperti saya. Di atas kita sudah menguak paling tidak sebagian dari facebook. Salah satu contoh dari “Cyborg Citizen” dimana secara tidak langsung kita telah membentuknya. Sebuah komunitas baru layaknya sebua Negara, didalamnya kita mendapat status baru sebagai seorang warga. Jangkaun yang lebih luas untuk mencari partner. Yah, mungkin cukup demikian dari saya karna sudah panjang lebar kita mengulasnya diatas. Silahkan kalian menyimpulkannya sendiri.

 

Kutipan : : http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook, http://www.facebook.com/topic.php?uid=125180703472&topic=9017, http://id.shvoong.com/humanities/history/1946922-sejarah-facebook/ , http://omtri.blogspot.com

 

Tinggalkan komentar