Organisasi

Pengertian organisasi

Apa itu pengertian Organisasi? Kata itu memang tidak asing bagi kita, karena kata-kata ini seringkali kita ucapkan dan juga kita dengar. Banyak sekali organisasi-organisasi di dunia begitu juga di negeri kita ini Indonesia. Banyak organisasi yang berdiri atas nama politik maupun kemasyarakatan, contohnya seperti partai-partai politik yang mulai merebutkan kursi dalam pemerintahan. Organisasi sendiri dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah perkumpulan;susunan/aturan dari berbagai bagian. Sedangkan Organisasi berdasarkan bahasa Yunani adalah adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Tetapi secara umum, organisasi bisa dikatakan sebagai sebuah sistem yang dimana terdiri dari sekelompok indidvidu dalam sistem hierarki penbagian kerja, untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan secara struktural dan sistematis.

Syarat-syarat terbentuknya organisasi

Dalam sebuah organisasi tidak begitu saja terbentuk, karena adanya persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa persayaratan yang harus dipenuhi untuk terbentuknya sebuah organisasi :

1. VISI, suatu organisasi berdiri yaitu harus mempunyai Visi yang jelas, dimana visi tersebut berfungsi untuk menjalankan Misi atau dengan kata lain visi adalah cara untuk menjalankan misi.

2. MISI, merupakan tujuan utama yang menjadi target pencapaian dalam suatu organisasi.

3. ATURAN, merupakan suatu prosedur atau pun komitmen yang telah disepakati bersama dimana dimaksudkan agar visi dan misi yang dialaksanakan dapat berjalan dengan baik. Aturan yang dimaksudkan juga dapat berupa aturan tertulis (doktrin) dan juga aturan tak tertulis (lisan).

4. PROFESIONALISME, merupakan kinerja atau pun dedikasi dari orang-orang yang ikut ambil bagian dalam organisasi tersebut,dimana seseorang dituntut untuk bekerja secara profesional.

5. INSENTIF, Insentif didapat ketika seseorang mampu menunjukan profesionalitas nya dan dapat di pertanggungjawabkan atas apa yang telah di kerjakan dirinya.

6. SUMBER DAYA, merupakan segala sesuatu yang dapat di dayagunakan serta di manfaatkan untuk menunjang atau pun mendukung berjalannya suatu organisasi untuk mencapai hasil yang maksimal.

7. RENCANA KERJA, merupakan suatu bentuk program kerja yang telah disepakati bersama oleh seluruh partisipan dimana rencana kerja ini merupakan sebuah program yang harus dilaksanakan.

Dari beberapa syarat yang telah disebutkan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa suatu organisasi bisa berkembang dan berjalan dengan baik apabila semua syarat-syarat tersebut di penuhi.

Fungsi dari organisasi

Setiap organisasi terutama yang besar, secara makro akan menangani tiga fungsi Pokok, yaitu : (1) fungsi perumusan strategi organisasi (corporate strategy) yang lebih bersifat kebijakan, (2) fungsi perumusan strategi alokasi sumber daya (resources allocation strategy) yang cenderung lebih bersifat taktikal, dan (3) fungsi pelaksanaan kegiatan merupakan proses mewujudkan tujuan organisasi (operasional organisasi) yang cenderung lebih bersifat operasional.

Fungsi perumusan strategi organisasi sering juga digunakan istilah “grand strategy”, termasuk diantaranya adalah perumusan visi, misi, tujuan (objective), kebijakan (policy), dan strategi, serta perencanaan tentang bagaimana pengorganisasian (organization planning) seluruh kegiatan dalam menjalankan strategi tersebut. Organization planning memberikan arah kepada setiap awak organisasi, kemana organisasi akan dibawa ke masa yang akan datang.

Macam-macam organisasi

Organisasi sendiri memiliki beberapa bentuk berdasarkan pengelompokannya. Karena organisasi memiliki maksud, tujuan, dan kepentingan yang berbeda-beda tiap organisasi. Organisasi sendiri dibagi menjadi 3 macam, sebagai berikut :

1. Organisasi Niaga

Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya untuk mencari keuntungan. Contoh : Perseroan Terbatas (PT)‏, Perseroan Komanditer (CV)‏, Firma (FA)‏, Koperasi, Join Ventura, Trus,  Kontel,  Holding Company.

2. Organisasi Sosial

Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat berdasarkan kesepakatan bersama. Adapun jalur pembentukan organisasi kemasyarakatan : Jalur Keagamaan, Jalur Profesi, Jalur Kepemudaan, Jalur Kemahasiswaan, Jalur Kepartaian & Kekaryaan.

3. Organisasi Regional & International

a. Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.

b. Organisasi Internasional adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara-negara di dunia. Contoh : UN (PBB), UNICEF, UNESCO, FAO, UNHCR, UNCHR, NATO, IMF, WHO, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s