Apa itu HIV? Apa itu AIDS?

HIV dan AIDS tidaklah sama. HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus, adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Adapun AIDS, singkatan dari aqcuired immunodeficiency syndrome, yang akan muncul setelah virus (HIV) menyerang sistem kekebalan tubuh manusia selama lima hingga sepuluh tahun atau lebih tergantung dari sistem kekebalan tubuh penderita.

Sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan satu atau lebih penyakit dapat timbul. Karena lemahnya sistem kekebalan tubuh, beberapa penyakit yang timbul bisa menjadi parah daripada biasanya.

Bagaimana gejala terinfeksi HIV?

Sebagian besar orang yang terinfeksi HIV tidak menyadarinya karena seringkali tidak ada gejala yang tampak segera setelah terjadi infeksi awal. Beberapa orang mengalami beberapa gangguan kelenjar yang menimbulkan efek seperti demam (disertai panas tinggi, gatal-gatal, nyeri sendi, dan pembengkakan pada limpa).

Meski infeksi HIV tidak disertai gejala awal , seseorang yang terinfeksi HIV sangat mudah menularkan virus tersebut kepada orang lain. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah virus HIV dalam tubuh seseorang adalah melalui tes HIV.

Infeksi HIV menyebabkan penurunan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi penyakit dan dapat menyebabkan berkembangnya AIDS.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s