Mengapa Ikan Sturgeon Meloncat?

Ikan sturgeon yang bertubuh besar dan bentuknya yang mirip ikan prasejarah ini dapat ditemukan di berbagai perairan belahan dunia. Namun, salah satu spesiesnya, yaitu sturgeon Teluk, yang ada dan berdiam dilepas pantai dan sungai-sungai di Teluk Meksiko-dari Louisiana sampai Florida-memiliki popularitas unik karena mereka sanggup meloncat tinggi di atas permukaan air.

Ikan meloncat ke udara bukanlah lagi hal yang luar biasa. Tetapi, jika yang meloncat ini adalah seekor ikan yang memiliki panjang 2,5 meter dan beratnya mencapai 91 kilogram, ini tidak lagi menjadi hal yang biasa, malah menjadi objek dan fenomena yang unik juga menarik.

Alhasil, beberapa insiden pun terjadi akibat ulah ikan besar yang satu ini. Sejumlah insiden diantaranya menyebabkan sejumlah orang terjatuh dari perahu ataupun terluka akibat terjangan Sturgeon raksasa di Sungai Suwannee, Florida, yang merupakan tempat konsentrasi terbesar ikan-ikan sturgeon Teluk. Insiden-insiden semacam itu seringkali menjadi santapan hangat tabloid atau surat kabar lokal. Tetapi para peneliti sampai saat ini belum bisa mengungkap rahasia mengapa ikan-ikan tersebut suka meloncat. Muncul berbagai dugaan, mulai dari menghindari predator sampai kemungkinan meloncat hanya untuk sekadar bersenang-senang, belum dapat dibuktikan.

Seorang ahli biologi dari US Geological Survey memiliki pertimbangan tersendiri mengenai fenomena unik tersebut. Menurutnya, sturgeon meloncat memiliki maksud untuk berkomunikasi. Terungkap bahwa suara yang dikeluarkan sturgeon raksasa ketika meloncat berbeda dari bunyi ikan-ikan lain lainnya yang meloncat. Para peneliti dari USGS meyakini, aksi meloncat itu kira-kira setara dengan lenguhan sapi, yaitu mengumumkan keberadaan dirinya kepada kelompoknya.

Aktivitas meloncat akan mencapai puncaknya pada saat musim panas dan musim gugur tiba, dimana seluruhkawanan sturgeon berkumpul dalam kelompok-kelompok besar.

SUMBER : KOMPAS – GEOWEEK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s