Berenang Melintasi Terusan Panama

Tanggal 30 desember 1962, pukul 5 pagi perenang Albert H Oshiver berhasil merenangi Terusan Panama. Oshiver berenang dari Gaton ke Gamboa dan mencatat rekor waktu 29 jam berenang tanpa henti.Ia dikenakan biaya 72 sen dollar AS karena telah melintasi terusan yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik .

Keinginan untuk berenang melintasi Terusan Panama tersebut sudah muncul bahkan sebelum kanal tersebut selesai pengerjaannya. Akhirnya, pekerjaan utama membangun Terusan Panama selesai pada tahun 1914, tetapi bebrapa bulan sebelumnya Kapten Allan Borran dan Hellen My Golding meminta izin untuk berenang melintasi terusan tersebut. Dan izin melintasi terusan tersebut ddiberikan pada tahun 1913, sementara My Golding menjadi satu-satunya wanita yang berupaya merenangi Terusan Panama.

Upaya terakhir merenangi terusan panama ilakukan oleh seorang Hindi Mihir Sen pada tahun 1966. Dia berhenti setelah 15 jam berenang, disebabkan karna Ia mengalami kram perut. Setelah insiden itu, tidak ada lagi izin yang diberikan untuk merenangi Terusan Panama.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s