Membuat “Kerajaan” Sendiri

Bekerja bagai prajurit mungkin sering anda alami di kantor. Hingga suatu saat muncul angan-angan , menjadi seorang “Raja” alias menciptakan bisnis sendiri. Namun, bagaimana caranya menciptakan “kerajaan” sendiri?.

Membangun bisnis sendiri memang tidak mudah. Apalagi bagi anda yang terbiasa hidup kantoran. Pergi pagi, pulang malam. Awal bulan mendapat gaji, akhir bulan merana karena kehabisan gaji.

Jika anda sudah merasa letih dengan rutinitas seperti ini. Mungkin sudah saatnya anda mendapatkan pundi-pundi pendapatan sendiri melalui berbisnis. Berikut adalah beberapa hal yang layak anda simak.

1. Kembangkan ide

Ada dua pilihan ketika anda akan membuka sebuah bisnis. Pertama, buka bisnis yang sudah umum dan laris, seperti waralaba. Kedua, buka bisnis yang benar-benar masih baru.

Pilihan kedua ini yang cukup sulit. Sebab, ide sangat berperan penting di sini. Nah, cara mendapatkan ide ada bermacam-macam sekali, anda harus bisa memutar otak. Bisa dari membaca buku, menonton berita di TV, hingga survei langsung di lapangan. Misalnya, jika anda melihat di daerah anda belum ada bisnis makan lesehan (makan dan duduk tanpa bangku), mengapa anda tak membuka bisnis tersebut?.

2. Survei pasar

Jika anda sudah menetukan akan berbisnis apa, kini saatnya untuk survei terhadap kondisi pasar.  Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan gambaran dimana lokasi terbaik dan berapa harga yang nantinya akan anda tawarkan.

Dalam menentukan harga, sebaiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu pasaran di sana dan siapa konsumen yang akan disasar. Jangan samapai harga yang anda tawarkan terlalu mahal atau terlalu murah. Murah di awal boleh saja sebagai sebuah strategi promosi, tetapi juga pertimbangkan juga keuntungannya kedepan.

3. Rekan yang brilian

Menggerakan bisnis seorang diri sangatlah sulit. Apalagi jika anda tak memiliki ekonomi yang kuat. Oleh sebab itu, ada baiknya anda mengajak rekan untuk berkolaborasi bersama membentuk bisnis yang tangguh.

Pilihlah rekan yang andal dalam bidang ilmu tertentu, seperti akuntansi, ekonomi, atau pemasaran. Selain itu, pastikan juga rekan anda memiliki kesamaan visi dan misi.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA (Karir & Bisnis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s