Mencuci Mobil Di Rumah

Konon, karakter seseorang dapat dilihat dari kendaraan yang ia gunakan. Semisal, kalau mobilnya seaalu bersih, orang yang memakainya memang memiliki budaya yang bersih dan disiplin.

Oleh sebab itu, jangan biarkan mobil yang kita kendarai teralalu lama kotor. Selain mengganggu citra kita, kotoran juga akan menghambat kinerja mesin.

Mobil yang ibersihkan secara teratur akan lebih awet. Cara paling mudah membersihkan mobil adalah dengan membawanya ke jasa cuci mobil. Namun, dengan cara ini kita harus mengeluarkan biaya tambahan yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk keperluan lain. Selain itu, jika jasa yang kita pilih asal-asalan, dikhawatirkan finish cat akan tergores lapisan wax. Begitu lapisan finish rusak, maka bodi mobil kita akan mudah terkena korosi. Nah mencuci mobil di rumah mejadi pilihan terbaik yang bisa kita ambil.

Untuk mencuci mobil di rumah, yang kita butuhkan adalah lap katun yang bersih dan lembut, atau sarung tangan yang khuisu untuk mencuci mobil. Jangan menggunakan sembarang kain lap yang dapat menggores permukaan bodi mobil kita.

Cucilah mobil di tempat yang teduh dan landai agar airnya lebih cepat mengalir dan mobil lekas kering. Deterjen yang digunakan harus khusus untuk mobil dan kita wajib mengikuti cara pemakaiannya.

Bagian pertama yang dicuci adalah velg. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian yang tersedia. Bila terdapat noda kotoran yang menempel, kita menggosoknya dengan sikat yang lembut secara perlahan. Bersihkan kolong dan juga sela-sela velg.

Setelah itu, kita bisa mencuci bagian tubuh mobil dengan menyemprotkan air keseluruh permukaannya, dariatas hingga bawah. Dianjurkan menggunakan penyemprot air berbentuk psitol yang bisa diatur intensitas semprotannya. Tak perlu kencang saat meyemprotkan air sebab malah akan mendorong kotoran masuk ke dalam lapisan finish.

Bila mobil kta sudah bersih, untuk mengeringkannya kita dapat menggunakan lap katun yang bersih dan kering. Letakkan lap di permukaan yang hendak dikekringkan dan diamkan sesaat agar lap itu meyerap air. Kemudian gunakan lap lain yang masih kering dan lakukan cara yang sama untuk meyerap air yang tersisa. Mengusap permukaan mobil tidak dianjurkan karena risiko tergores cukup tinggi.

Terakhir, buka semua pintu mobil, kap mesin, dan bagasi untuk mengeringkan air yang menetes ke dalam. Untuk membersihkan kotoran dalam kabin, bisa anda gunakan penyedot debu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s