Mencegah Mata Lelah

Mata lelah kerap dikeluhkan banyak orang. Gangguan yang disertai rasa pusing ini biasa disebabkan oleh beberapa hal.

1. Membaca

Mata lelah bisa disebabkan krena terlalu lama membaca. Gangguan ini akan lebih cepat dirasakan bila aktivtas tersebut dilakukan dalam kondisi pencahayaan rendah. Mata lelah biasany disertai dengan rasa kaku di bagian pundak maupun leher. Untuk menghindari, biasakan mengistirahakan mata 30 menit sekali dengan cara mengalihkan perhatian atau memejamkan mata agar terasa rileks. Setelah beristirahat sejenak, mata bisa kembali fokus.

Demikian pula dengan faktor penerangan. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan lampu khusus membaca yang memberikan pencahayaan tepat.

2. Menatap layar komputer

Radiasi layar kompuetrr merupakan salah satu penyebab mata lelah. Untuk menyiasati hal tersebut, aturlah tingkat kontras warna dan intensitas cahaya pada layar nyaman bagi mata.

Selain itu, letak komputer harus diperhatikan  dengan baik. Pantulan cahaya dari lampu ataupun sinar matahari melalui jedela juga dapat mempercepat kelelahan mata.

Ukuran huruf di layar monitor komputer sbaiknya diatur sedmikinan rupa agar tidak terlampau kecil. Hal itu juga membuat mata bekerja lebih keras.

Bukan cuma saat mengetik, tetapi juga ketika browsing di internet. Gunakanlah huruf besar dengan cara mengatur  dari menu view kemudian zoom in. Hali ini akakn memberi kenyamana lebih bagi ansda sekaligus meminimalkan risiko ketegangan pada mata.

3. Terkena sinar matahari secara langsung

Sinar matahari juga dapat menimbulkan kelelahan pada mata. Oleh karena itu, menggunakan kacamata hitam dianjurkan demi menjaga kesehatan mata, bukan hanya sekedar sebagai aksesoris pakaian atau tern.

Pilihlah lensa yang yeng telah diberi proteksi khusus untuk menangkal radiasi sinar matahari. Kacamata hitam yang disarankan mampu melidungi mata dengan baik agar sinar matahari tak menyelinap masuk.

 

SUMBER : KOMPAS KLASIKA – KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s