Merawat Kendaraan di Musim Hujan

Musim hujan di Jakarta dan sekitarnya, membuat para pemilik mobil perlu semakin memperhatikan perwatan kendaraan. Berikut ini beberapa perawatan yang dapat dicoba.

a. Pengecekan mesin secara berkala. Hal ini dapat dilakukan setiap 5000 km atau 2 bulan sekali untuk pemakaian setiap hari.

b. Pengecekan mekanik, kaki-kaki, aki, starter, kopling, rem depan-belakang, busi, dan lain sebagainya tak boleh luput. Selain itu, gantilah ban yang sudah mendekati gundul (dianjurkan dua pasang sekaligus) agar tidak slip di jalan yang licin setelah hujan.

c. Cucilah kendaraam secara berkala. Selain menghindari karat, kondisi mobil yang bersih juga tentu akan memberikan kenyamanan.

Selain soal perawatan, perilaku berkendara yang baik juga menjadi hal yang penitng yang patut diberi perhatian khusus. Tips berikut ini dapat Anda aplikasikan saat berkendara.

a. Jangan memerkir kendaraan di bawah pohon besar karena akan berisiko tertimpa jika terjadi hujan besar atau hujan angin.

b. Pada kondisi jalan setelah hujan dan licin, jangan terlalu sring memutar setir karena cukup membahayakan kita dan pengguna jalan lain.

c. Hindari mengerem mendadak atau menginjak gas secara ekstrem.

d. Perhatikan kecepatan jika mobil berpenumpang.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s