Memilih Helm yang Aman dan Nyaman

Walau banyak orang yang mengetahui fungsi helm, sayangnya tak banyak yang menyadari pentingnya penggunaan helm sebagai alat pengaman saat berkendara. Pada umumnya, masyarakat mengenakan helm hanya karena takut ditilang sehingga terkadang helm dengan kondisi tak layak pakai pun tetap digunakan.

Sebagai alat pengaman, terutama pada bagian kepala, helm haruslah nayaman saat dipakai berkendara jarak jauh. Bila perlu hingga hitungan jam, mengingat jarak tempuh dari tengah kota jakarta yang sering kali macet hingga ke daerah pinggiran bisa mencapai lebih dari satu jam.

Berikut ini beberapa hal yang dapat di pertimbangkan saat  akan memilih dan membeli helm :

1. Helm yang baik adalah helm yang bentuknya sudah memenuhi standar keamanan. Sebaiknya anda memlih helm yang terbuat dari lapiusan cangkang luar yang membungkus seluruh kepala dan menyisakan ruang yang cukup untuk memandang ke depan. Pastikan juga helm tersebut memilki cangkang yang lumayan tebal dan tahan terhadap benturan.

2. Hindar pemilihan helm yang longgar karena nyaris tak memberi manfaat. Jangan pula membeli yang terlalu sempit karena dapat mengagnggu aliran darah dalam kepala sehingga bukan tidak mungkin jika anda merasakan pusing, sakit kepala, atau bahkan sesak napas. Cara terbaik adalah mencobanya di toko tempat anda membeli. Jika terasa nyaman, baru beli.

3. Kenyamanan helm harus ditunjang dengan beratnya yang cukup ringan, sehingga tidak membebani kepala jika dipakai unutk perjalanan jarak jauh.

4. Pastikan kaca helm yang terpasang nyaman untuk memandang. Kalau bisa, pilih mika yang bening dan tidak memiliki efek cembung atau cekung agar tidak membuat pusing kepala atau bahkan mengurangi jarak pandang.

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA (Tips & trik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s