Dibalik Harga Murah Piano Bekas

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli Piano bekas yang diimpor :

1. Piano bekas yang diimpor dari negara lain tidak memperhitungkan seasoning (kelembaban & kekeringan kayu) untuk digunakan di Indonesia, sehingga kayunya rentan terhadap cuaca dan iklim.

2. Hanya bisa untuk perbaikan penampilan kabinet ssaja, tetapi tidak utnutk sparepartnya yang justru merupakan hal yang paling penting karena maenyangkut kualitas suara yang dihasilkan.

3. Komponen di dalamnya yang sangat tua telah diganti dengan komponen yang tidak asli, atau hanya mengambil dari piano bekas yang lainnya yang kualitasnya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Adakalanya untuk menekan biaya perbaikan yang tingggi dan memaksimalkan keuntungan (profit), pedagang piano bekas yang tidak bertanggung jawab hanya melakukan perbaikan secara “kosmetik” dan sekedarnya saja. Seperti pada bagian palu pemukul yang aus, tingkat kemebalan tuts yang turun disertai suara berisik, senar yang berkarat serta elastisitas senar yang turun, juga beberapa parts yang sudah hilang atau aus. Mereka cenderung mengganti bagian yang rusak dengan sparepart hasil ‘jarahan’ seadanya dari piano bekas lain yang belum tentu cocok dengan aslinya.

4. Piano bekas yang diimpor dari luar mempunyaio nilai jual kembali (resale value) yang sangat rendah.

5. Mayoritas piano bekas yang diimpor dari luar berumur 20-50 tahun, sebagai contoh untuk piano Yamaha yang nomor serinya kurang dari 3.680.000.

6. Yamah Service Center Jakarta dan Yamaha Authorized Service Center di Indonesia tidak akan melayani permintaan perbaikan (repair service) untuk Piano bekas yang diimpor dari luar oleh pedagang Piano bekas (bukan oleh distributor resmi), maupun permintaan spareparts asli.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA (Fakta by YAMAHA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s