Keterangan bagian-bagian Piano Bekas

1. Hammer/Palu Pemukul : Usia dan penggunaan dalam waktu yang lama adalah penyebab utama kerusakan palu pemukul. Periksa selalu palu pemukul piano,  dan lihat apakah ada bagian yang rusak yang perlu diganti. Periksalah apakah diganti dengan komponen asli yang cocok. Efeke negetif : Suara yang dihasilkan tidak sempurna, dan dinamika suaranya tidak akan jelas.

2. Keys /Tuts : Hal pertama yang mungkin andaperhatikan adalah ddengan memainkan tuts-nya. Selama melakukan itu, jangan lupa periksa posisi tuts-tuts tersebut. Baik yang putih maupun yang hitam apakah tersusun dengan benar, yaitu dalam posisi yang rata (tidak naik turun). Efek negatif : Permukaan tuts yang tidak rata akan berpengaruh terhadap teknik permainannya.

3. Strings/Senar piano : Mungkin bagian ini sedikit sulit untuk diperiksa, namun usahakan untuk memeriksanya. Iklim dan kelembaban memiliki peran yang bisa menyebabkan karat di area ini, yang tentunya akan mengurangi kualitas dan penampilan piano tersebut, dan piano tersebut tidak akan dapat bertahan lama. Efek negatif : Waktu di tunning (di stem), senar piano dapat putus akibat tekanan, Karat akan menyebar, Kualitas suara akan berubah, Perbedaan suara yang keluar dapat mempengaruhi ketepatan pendengaran si pemain.

4. Serial number/Nomor seri : Dalam setiap piano, terdapat nomor seri yang dicetak di dalam, yang bisa digunakan untuk mengetahui tahun produksi. Anda bisa cek nomor seri yang tersedia dilist Yamaha, dan melihat tahun berapa piano tersebut diproduksi.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA (Yamaha Info)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s