Tata Cara Penulisan Blog Yang Baik Dan Benar

Menulis sebuah artikel adalah sebuah kegiatan yang mungkin jarang dilakukan oleh banyak orang. Semua beranggapan bahwa menulis artikel itu hanya dilakukan oleh orang-orang yang bekerja dibidangnya, contohnya seperti seorang editor, pengarang novel, dsb. Tapi dengan seiring berjalannya waktu, kita dituntut untuk bisa membuat sebuah artikel atau tulisan, terutama bagi kita yang berada di jenjang universitas. Karena nantinya akan sangat bermanfaat bagi kita mahasiswa bila sudah membiasakan diri menulis. Dengan adanya tugas-tugas yang diberikan dosen seperti membuat makalah sederhana, atau mungkin karya tulis ilmiah sebagai bobot penilaian. Kemudian dengan adanya mata kuliah softskill dari pihak universitas yang membuat kita dituntut untuk bisa menghasilkan sebuah karya tulis yang baik dan benar, serta tujuan lainnya adalah agar kita mempersiapkan diri menghadapi penulisan skripsi. Saya sebagai penulis memang sependapat mengenai hal tersebut, karena sekarang menulis artikel tidaklah susah, tidak memerlukan media masa dan media penerbitan yang hanya diisi oleh tulisan-tulisan para pengarang dan editor-editor handal. Kehadiran blog maupun website dalam dunia internet sangat memudahkan kita untuk menampilkannya, melakukan posting artikel sederhana yang bisa diakses dan dilihat oleh banyak kalangan. Keleluasan waktu, kecepatan akses, dan kemudahan dalam hal mengubah tulisan kita adalah nilai tambah dari fasilitas blog. Tidak seperti koran atau newspaper yang harus benar-benar teliti dalam pengerjaannya, memakan waktu berjam-jam hanya untuk sekedar melakukan pengeditan. Sungguh sangat menyulitkan kita nantinya jika terjadi kesalahan-kesalahan yang sebenarnya sepele. Tapi, ada sisi buruk yang lain dari hadirnya blog atau website ini, yaitu akan memudahkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan kegiatan plagiarisme blog atau yang marak disebut blog copy paste. Dengan ketidakmampuan menghasilkan tulisan yang original, ditambah dengan tidak dicantumkannya sumber (link web blog) yang seharusnya ada sebagai tanda bahan referensi.

Mungkin bagi anda yang awam akan bertanya-tanya, Apa itu blog? berikut adalah pengertian blog. Blog memiliki singkatan web log merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai postingan) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak semuanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dengan catatan harian, media publikasi, media entertainment, media pemberitaan (koran online), sampai media promosi dan jual-beli. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (admin), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan.

Bagaimana tata cara penulisan blog yang baik dan benar agar menghasilkan karya yang bermutu dan original. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan :

  1. Sebisa mungkin buatlah artikel anda seoriginal mungkin, sekalipun kita mengutip harus mencantumkan sumber link dari website tersebut.
  2. Buatlah judul artikel yang menarik dan mudah untuk dipahami, tetapi juga mudah untuk bisa dicari dalam internet.
  3. Tetap konsisten dan fokus dalam menghadirkan isi yang tidak keluar dari topik yang tulisan yang dibahas.
  4. Usahakan untuk membuat tulisan yang langsung mengena pada inti permasalahannya. Jangan membuatnya seolah terlalu bertele-tele, hadirkan tulisan yang padat dan jelas.
  5. Buatlah tulisan sesuai dengan aturan, tata cara, atau kaidah melakukan penulisan berdasar EYD.
  6. Hindari pengulangan kalimat yang tidak perlu. Panjang maksimal kalimat adalah satu setengah baris. Usahakan juga setiap kalimat memiliki keterkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Karena dengan begini, meskipun pendek, pembaca akan menikmati artikel anda karena seolah-olah dia tidak membaca, tetapi mendengar. Maksudnya, seakan akan mereka mendengar kita berbicara.

Demikian saja yang bisa saya hadirkan, semoga ini bisa menjadi informasi yang baik bagi anda. Jangan pernah menyerah untuk berusaha dan belajar khusunya menulis. Karna apa yang anda lakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan menjadi sesuati yang baik dan berguna.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s