Agar Cat Mobil Tetap Mengkilap

Mobil anda terlihat kotor dan kusam walaupun sudah dicuci, bahkan hingga perwatan terbaik. Ingin rasanya warna cat mobil tetap mengkilap sepanjang waktu, apalagi selama anda menggunakannya. Mobil mengkilap pasti akan menarik perhatian, membuatnya tampak lebih elegan, bahkan bisa jadi pengguna jalan yang lain akan iri melihatnya. Layaknya sebuah kulit, seiring berjalannya waktu cat mobil pun akan memudar dan juga kualitas dari cat akan semakin menurun. Penyebabnya adalah saat cat mobil terkena paparan sinar UV dan bahan kimia, hal ini wajar terjadi dan merupakan proses yang alamiah.

Bahan kimia yang biasanya langsung menyentuh bodi kendaraan adalah hal-hal yang sering kita jumpai, seperti kotoran burung, serangga, polutan di udara, dan pemoles mobil. Untuk menghindari efek negatif dari hal-hal tersebut, mungkin dengan mudah kita bisa mengatasinya atau segera membersihkan agar tak memperparah efek negatif yang diberikan pada cat mobil.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuatnya tetap mengkilap dan menarik. Berikut tips yang bisa anda aplikasikan.

  1. Untuk menghindari paparan sinar UV atau sinar matahari yang terlalu banyak, ada baiknya jika anda membiasakan untuk parkir di tempat yang teduh. Bila memang anda harus meninggalkannya dalam waktu yang lama lebih baik gunakan sarung mobil yang banyak dijual di pasaran.
  2. Cuci mobil secara teratur. Idealnya, cuci mobil minimal dua minggu sekali untuk menghindari adanya penumpukan polutan serta bahan kimia jahat lainnya. Pilihlah tempat yang teduh saat mencuci mobil agar air pencuci tidak cepat kering dan meninggalkan bekas. Saat mencuci gunakanlah sabun khusus mobil dengan kandungan PH ballanced. Jangan gunakan sabun colek karena akan mengikis lapisan cat mobil.
  3. Hindari pencucian mobil dengan air panas atau pun hangat, karena hanya akan merusak  lapisan cat mobil.
  4. Berikan pelapisan dengan lilin atau waxing kurang lebih setiap 2-3 bulan sekali untuk melindungi lapisan cat dari sinar UV dan polutan, serta memberikan perlindungan ekstra.
  5. Segera lakukan perbaikan pada bagian cat mobil yang terkelupas atau retak-retak, jika semakin lama ditunda, maka bisa semakin berbahaya.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s