Layang-layang Digunakan untuk Meneliti Cuaca

Tanggal 27 April 1895, ahli meteorologi AS Profesor Charles F Marvin memulai uji coba penggunanaan layang-layang penelitian cuaca di Biro Cuaca. Ia terus menyempurnakan alat tersebut dan dalam setahun ia melengkapi layang-layang tersebut dengan alat yang emungkinkan untuk mengukur serta mencatat suhu, tekanan, dan kelembaban udara. Pengukuran ini di catat menggunakan bolpoin yang digerakan di atas kertas atau pelat tembaga, yang ditempelkan pada tabung yang berputar.

Biro cuaca baru dibentuk oleh kongres AS pada 1 Juli 1891. Marvin menjadi guru besar meteorologi biro tersebut pada 1903, dan kemudian menjadi kepala biro pada 1913. Ia banyak melakukan penelitian dan uji coba untuk mengukur cuaca.

Layang-layang resm digunakan Biro Cuaca pada 1898 dan pertama kali diluncurkan di Topeka, Kansas. Hingga akhir tahun, 16 stasiun layang-layang lainnya didirikan untuk melakukan pengamatan secara simultan. Layang-layang tersebut umumnya berbentuk kotak dan ada sekitar tujuh buah yang diterbangkan pada satu tali.

SUMBER : KOMPAS-KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s