Posisi Tidur yang Berkualitas

Seringkali disaat kita bangun tidur baik itu pagi, siang, bahkan malam hari timbul rasa sakit atau pegal, kemungkinan ini akibat dari cara tidur yang tidak baik atau keliru. Sejumlah pakar kesehatan terkemuka berpendapat, bahwa cara tidur atau posisi tidur yang benar dapat menunjang diri kita untuk memiliki umur yang lebih panjang. Posisi tidur miring dan terlentang adalah yang banyak disarankan para ahli untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, tetapi dengan syarat-syarat yang dianjurkan.

Tidur dengan posisi miring terkadang membuat kita merasa nyaman, bagi anda yang terbiasa ini adalah cara yang anda sukai untuk dapat tertidur lelap. Jika memang posisi ini yang anda sukain, cobalah untuk memiringkan tubuh anda ke kanan. Mengapa disarankan untuk miring ke kanan, karena dengan posisi tersebut akan mengurangi terjadinya terbebaninya jantung oleh berat badan. Kinerja jantung tidak boleh sampai terhambat, biarkan jantung melakukan fungsinya untuk memompa darah secara lancar dan merata ke seluruh tubuh. Ada baiknya juga kita lakukan tidur miring seperti bayi dengan melengkungkan punggung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini mengurangi adanya tekanan pada tulang punggung, memudahkan pernapasan, dan membebaskan organ-organ tubuh.

Adapun posisi tidur terlentang disrankan bagi orang yang mengalami nyeri punggung. Posisi ini sebaiknya ditambah dengan menyisipkan bantal dibawah lutut untuk mengurangi beban punggung bagian bawah. Dengan begitu posisi tidur akan lebih memberikan manfaat yang optimal bagi kita. Selamat mencoba.

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s