Foto Petir

Tanggal 4 Mei 1884, WC Gurley dari Observatorium Marietta di Marietta, Ohio, AS membuat suatu foto petir. Foto tersebut merupakan salah satu foto petir pertama yang dibuat di AS.

Dalam catatannya di samping hasil foto yang dibuat, Gurley menulis, reproduksi kilatan petir oleh fotografi, selama beberapa waktu, dianggap mustahil. Akan tetapi, kehadiran proses bromo-gelatin yang cepat tidak hanya membuatnya menjadi mungkin, tetapi juga mudah dilakukan. Foto yang dimaksud berasal dari foto negatif yang diambil saat badai petir yang terjadi beberapa mei.il di sebelah selatan observatorium pada malam 4 Mei.

Sementara itu, terdapat foto lain yang berjudul “Foto Pertama Petir” yang dibuat oleh William N Jennings. Ada yang menyebut, foto tersebut dibuat tahun 1882, tetapi sumber lainnya menyebut tahun 1885.

Petir merupakan salah satu pergaan alam yang paling indah, tetapi sekaligus pula paling mematikan. Suhu ledakan dari petir lebih panas ketimbang permukaan matahari dan gelombang kejutnya menyebar ke segala arah.

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s