Periksa Kondisi Kabel

Ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan oleh setiap pemilik sepeda motor untuk tetap menjaga kondisi motornya dalam keadaan yang optimal. Selain melakukan servis rutin dan menjaga servis kebersihan motor, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi kabel yang ada. Kondisi mesin yang apik tentu takan menjadi sempurna bila tidak didukung oleh kondisi kabel yang baik pula.

Agar sepeda motor bisa beroperasi dengan baik dan tampilannya tetap oke, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan.

  • Pastikan setiap kabel yang terpasang sesuai dengan porsi yang semestinya, jangan terlalu besar atau terlalu kecil karena akan mengganggu kinerja sepeda motor. Oleh karena itu, baca buku manual yang anda dapat sengan seksama. Kondisi kabel juga sangat penting untuk diperhatikan, kalau ada yang retak, getas, atau ada serabut-serabut kabel yang keluar, sebaiknya segera ganti kabel tersebut dengan yang baru demi mendapatkan performa mesin yang optimal.
  • Kebersihan ujung-ujung juga perlu untuk anda perhatikan. Misalnya, pada ujung kabel busi, kotoran atau karat yang menempel bisa dibersihkan dengan ampelas atau sikat kawat agar pasokan aliran listrikan tidak terganggu.

Anda bisa juga membasuh kabel terlebih dahulu dengan air hangat agar kebersihan ujung kabel menjadi lebih maksimal lagi. Akan tetapi, jika kerusakan kabel sudah terlalu parah, kabel tersebut harus segera diganti dengan ukuran diameter yang sama agar listrik bisa didistribusikan dengan baik.

  • Pastikan bahwa semua sambungan yang ada sudah terpasang dengan baik dan dalam keadaan tertutup.¬† Bila perlu, tutup dengan isolasi agar tidak ada air dan kotoran yang masuk.
  • Atur setiap bagian dari kabel-kabel sedmikian rupa secara runut dari ujung-ujung agar nampak lebih rapi. Hal tersebut dimaksudkan supaya bila nanti terjadi kerusakan kabel dapat segera dicari dengan mudah untuk memperbaikinya. Usahakan juga agar kabel-kabel yang ada terjauh dari komponen-komponen motor yang menghasilkan panah agar tidak melelehkan lapisan luar kabel.
  • Yang terakhir, agar tampilannya lebih terlihat rapi, gunakan tali khusus atau isolasi untuk mengikatnya.

 

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s