Jepang Kalahkan Unis Soviet dan Rebut Emas Voli Putri

Tanggal 30 juli 1965, tim Jepang mengalahkan tim Uni Soviet pada final voli puteri Olimpiade musim panas 1976 di Montreal, Kanada, dan berhasil menggondol medali emas. Hasil itu terasa menyesakkan Uni Soviet karena final voli putera, mereka harus puas dengan medali perak stetlah ditaklukan tim Polandia.

Untuk kategori voli puteri,  ada delapan tim yang ikut serta, masing-masing mewakili kekuatan di kawasannya. Uni Soviet adalah juara bertahan olimpiade sebelumnya, Jepang adalah juara dunia 1974, Kanada adalah tuan rumah, Korea mewakili Asia, Hongaria mewakili Eropa, Kuba mewakili Amerika Utara, Peru mewakili Amerika Selatan, dan Jerman Timur lolos melalui kualifikasi.

Sedari awal, Jepang dan Uni Soviet memang difavoritkan. Nyatanya, Jepang begitu mendominasi, mulai dari penyisihan pool, memainkan lima gim tanpa pernah kehilangan satu set pun. Bahkan, Korea menjadi satu-satunya tim yang berhasil membukukan angka di atas 10, yaitu 15-13, saat kalah di semi final. Di final, Uni Soviet dikandaskan straight set.

SUMBER : KOMPAS – KLASIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s