Tugas 1 Telematika

Pengertian Telematika

Kata “TELEMATIKA” yang merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang juga dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Pemanfaatan Telematika

Teknologi Telematika banyak digunakan dalam berbagai bidang, berikut ini adalah contoh pemanfaatan yang ada:

  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Dari beberapa contoh yang ada seperti diatas, PT. Jasa Marga adalah salah satunya yang memanfaatkan teknologi telematika sebagai traffic monitoring, dengan menggunakan IP Camera. Ini tentu saja sangat mebantu dalam memonitor kondisi lalu lintas di jalan tol secara real time.

Gambaran Umum Traffic Monitoring IP Camera

IP Camera adalah sebuah CCTV (Close Circuit Television) yang terhubung ke internet yang mentransmisikan gambar dan sinyal kendali. Pada awalnya sebuah CCTV hanya digunakan untuk pengawasan di dalam gedung seperti bank, kantor, dsb. akan tetapi, saat ini CCTV telah digunakan untuk mengawasi jalan dan lalu-lintas. Konsep yang diterapkan pada CCTV berbeda dengan televisi broadcast dimana sinyal yang ditransmisikan secara terbuka sedangkan pada CCTV sinyal ditransmisikan secara tertutup.

Untuk pengawasan lalu-lintas sebuah CCTV biasanya menggunakan bantuan protokol internet agar dapat diakses dimanapun dan oleh siapapun. Hal ini sangat berguna untuk melihat kondisi jalan yang akan dilalui oleh para pengguna jalan. Di Indonesia Sendiri telah terpasang beberapa IP Camera oleh beberapa instansi. Ditjen Perhubungan Darat, Jasamarga, dan Telkom adalah beberapa instansi yang telah menyediakan layanan IP Camera dan dapat diakses oleh publik.

Arsitektur Telematika IP Camera

IP Camera dan IP Video didasarkan pada gagasan bahwa setiap komponen individu merupakan bagian dari jaringan TCP / IP. Setiap kamera memiliki alamat IP sendiri yang memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar. Kamera IP tidak perlu mengirim sinyal kembali ke peralatan pengendali, mereka hanya perlu terhubung ke lokasi jaringan terdekat.

IP-CCTV-Overview

Arsitektur IP Camera

IP Camera berbeda dari CCTV tradisional bahwa semua komponen berbasis jaringan. Fungsi pengendalian dan administrasi berasal dari Software yang berjalan pada PC server mana saja dalam jaringan. Kamera IP tidak secara langsung melekat pada hardware. Penyimpanan gambar dapat dikirim ke server yang sama, tetapi juga dapat dialihkan kemanapun pada jaringan ke perangkat penyimpanan jaringan. Hal ini bahkan dimungkinkan untuk memiliki kamera yang telah dibangun dalam administrasi dan kecerdasan sehingga tidak ada komponen lain yang diperlukan.

IP Camera sendiri adalah perkembangan dari predessors analog mereka. Setiap perangkat bekerja secara terpisah dengan kekuatan pemrosesan dan kecerdasan sendiri. Deteksi aktivitas dapat di setup di Kamera daripada perangkat keras yang membatasi lalu lintas jaringan dan menghemat kekuatan pemrosesan pada peralatan kontrol. Kualitas gambar juga jauh lebih baik.

IP Camera menjadi sebuah layanan yang berjalan secara paralel dengan komponen jaringan lainnya seperti email, database, Word Processing, akses internet. Dengan IP Camera juga memungkinkan untuk melihat dan mengelola dari web browser.

Berikut adalah contoh IP Camera bekerja, klik untuk lihat video

SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika, http://b1214ns.students-blog.undip.ac.id/2009/11/07/cctv/,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s