Tugas 2 Kartu Belanja Masa Depan

1. Pendahuluan

Perdagangan sudah ada disepanjang hidup manusia, hanya saja berbeda-beda caranya. Pada masa lalu kita mengenal istilah “barter” dimana proses perdagangan dilakukan dengan tukar menukar barang yang seharga. Seiring berjalannya waktu pun mulai dihadirkannya alat tukar dengan maksud memberikan kemudahan dalam perdagangan. Pada masa sekarang tentunya uang menjadi pilihan yang paling diinginkan sebagai alat tukar. Hingga munculah alat-alat pembayaran yang lebih memudahkan seperti kartu, macam-macam kartu pun hadir, mulai kartu kredit, kartu debit, dan kartu belanja.

kredit

Kartu Kredit

debit

Kartu Debit

belanja

Kartu Belanja

2. Arsitektur Kartu Belanja Masa Depan

Kehadiran kartu-kartu seperti kartu kredit, kartu debit, dan kartu belanja sudah tentu memilki maksud untuk memudahkan kita sebagai pengguna dalam hal bertransaksi. Kita tidak perlu lagi bersusah payah untuk membawa uang yang banyak untuk berbelanja, membayar tagihan dan lain sebagainya, cukup membawa kartu kredit atau kartu belanja yang kita miliki maka transaksi bisa dilakukan (selama terjangkau). Memang kita benar-benar dimudahkan dalam berbagai macam bentuk transaksi, banyak sekali keuntungan, keunggulan dari kartu yang kita miliki tersebut. Namun tidak selalu hal yang menguntungkan tidak memilki kelemahan, banyak resiko juga yang harus kita hadapi tentunya. Resiko yang harus dihadapi tentunya mulai dari kita kehilangan kartu secara tidak disengaja atau juga tindakan kejahatan seperti pencopet, pencurian, penodongan yang setiap saat mengancam kita sebagai pemilik kartu. Penyalahgunaan kartu kredit maupun kartu belanja sangatlah mungkin terjadi, mengingat bahwa proteksi keamanan ketika kartu dipegang oleh orang lain mudah sekali untuk dimanfaatkan. Maka dengan adanya kelemahan yang masih mungkin terjadi, saya sebagai penulis mecoba untuk merancang sebuah sistem pembelanjaan dengan media kartu elektrik yang dapat memberikan proteksi keamanan yang memperkecil kemungkinan penyalahgunaan kartu oleh orang lain.

Kartu belanja masa depan ini dilengkapi dengan voice recognition (pengenal suara) yang disematkan pada kartu belanja tersebut. Mekanisme pembayaran adalah ketika pengguna hendak membayar diharuskan melakukan sinkronisasi data terlebih dahulu dengan mengucapkan kata open ke kartu belanja tersebut sehingga kartu akan aktif yang berarti data sesuai. Jika kita sudah mengaktifkan kartu langkah selanjutnya adalah bagian kasir akan menerima kartu dan kembali melakukan penyesuaian data dengan melihat data identitas pemilik melalui monitor, ini dimaksudkan agar menjamin keamanan transaksi. Apabila data sesuai sudah pasti, tidak perlu waktu lama maka segera transaksi pembayaranpun berlangsung sesuai dengan prosedur yang berlaku. Tetapi kelebihan kartu ini tidak hanya sampai disitu, kartu yang telah selesai melakukan transaksi akan menon-aktifkan dirinya secara otomatis yang berarti jika pengguna ingin melakukan transaksi lagi, ia harus mengaktifkannya kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s